Nepal Tanpa Trekking, Kemana Aja?

posted in: Nepal | 0

Ke Nepal harus trekking? Tidak koq, banyak hal yang bisa dilakukan di Nepal tanpa trekking!

Halo semua! Kalau boleh tahu, apakah Nepal menjadi salah satu negara dalam bucket list kalian? Atau sudah pernah ke sana? Yang sudah, pengen balik lagi tidak?

Buat yang belum pernah, mungkin bisa dijadikan salah satu tujuan trip nih. Dan kalian tahu tidak, kalau Nepal itu pernah jadi tempat syuting filmnya Dr. Strange, loh. Udah pernah nonton kan kalo filmnya? 😁

Nah, apasih yang kalian ketahui tentang Nepal? Kalau Mt. Everest, pernah dengar kan? Nepal sangat terkenal dan menjadi magnet bagi para travelers dunia, khususnya para pendaki. Apalagi kalau bukan untuk menjejakkan kaki di gunung tertinggi di dunia, Mt. Everest. Seperti Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay, yang pertama kali summit di Everest.

Bendera Nepal yang unik

Sebagai negara yang dikelilingi Himalayan Range dan tempat beberapa gunung tertinggi di dunia berada (selain Everest, ada Kangchenjunga, Annapurna, Macchapuchre, dll), tentu saja mayoritas travelers umumnya datang untuk climbing dan trekking/hiking.

Tapi sebenarnya, banyak tempat yang bisa dikunjungi di Nepal, khususnya Kahtmandu Valley tanpa harus climbing ataupun trekking. Jika cuaca cerah, kita juga bisa lihat deretan pegunungan Himalaya dari Kathmandu.

Terus, jadinya Nepal tanpa trekking, kemana aja? Berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Kathmandu Valley, Nepal.

1. Thamel

Thamel merupakan lokasi yang sangat terkenal, strategis dan paling ramai di Kathmandu, ibu kota Nepal. Tempat ini merupakan ‘hub’ dimana para wisatawan dari seluruh dunia tinggal sebagai tujuan awal untuk memulai semua kegiatan di Nepal. Di sini, banyak ditemukan berbagai macam tipe akomodasi dari tipe dormitory hingga hotel bintang 5.

Sepanjang jalan di Thamel banyak sekali toko-toko. Mulai dari toko souvenir yang menjual gelang, gantungan kunci, kaos, pashmina yang terkenal dengan kualitasnya. Ada juga toko outdoor yang menyediakan jaket, sepatu, trekking pole, sleeping bag dan peralatan lainnya. Selain itu banyak terdapat toko buku, toko roti, dan lain-lain.

salah satu ‘marg’ di Thamel

Di Thamel juga banyak restoran dengan berbagai macam jenis makanan mulai dari Nepali, Asian, western, Indian, dan eastern food. Tidak ketinggalan restoran halal yang terdapat di beberapa tempat. Jadi buat muslim yang ke sini jangan khawatir, tidak susah koq untuk cari makanan halal.

Buat kalian yang suka belanja dan window shopping, menyusuri jalan-jalan di Thamel bisa jadi merupakan suatu kesenangan tersendiri. Dengan begitu banyak toko-toko di sepanjang jalan dan ramainya wisatawan dari berbagai negara, dijamin ‘ga akan ngerasa capek dan bosan. Suasana Thamel begitu hidup terutama malam hari.  Hati-hati kalap yah kalau belanja di sini πŸ™Š

Cerita lain tentang Thamel => https://www.instagram.com/p/B36apeAFF1X/

2. Kathmandu Durbar Square

Untuk kegiatan Nepal tanpa trekking lainnya, kamu bisa mengunjungi beberapa situs agama seperti Kahtmandu Durbar Square. Merupakan UNESCO World Heritage Site dan salah satu Durbar Square yang ada di Kathmandu Valley. Terletak di sekitar Thamel dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit, tempat ini merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu & Budha. Kathmandu Durbar Square adalah kompleks yang terdiri dari istana, kuil, taman, dan tempat ibadah yang berdiri sejak abad ke-12.

Kathmandu Durbar Square di sore hari

Gempa besar yang melanda Nepal pada 25 April 2015 lalu menyebabkan banyak bangunan bersejarah di Nepal hancur. Sampai saat ini, bangunan tersebut masih banyak yang dalam proses restorasi dan rekonstruksi. Berkunjunglah di sore hari, kalian bisa menikmati keramaian dan bias menyatu dengan warga lokal di tempat ini.

penjual souvenir di sekitar Kathmandu Durbar Square

3. Garden of Dreams

Sebuah oase di tengah kota yang ramai, padat dan berdebu, Garden of Dreams merupakan taman yang bisa menjadi tempat istirahat dan melepas penat di tengah kota. Kalian bisa bersantai dan juga piknik untuk menikmati keindahan dan hijaunya pepohonan di sekeliling taman. Lokasi nya pun sangat dekat dari Thamel, sekitar  500m. Dengan suhu yang bersahabat di musim semi, menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu di Nepal tanpa trekking.

Garden of Dreams

4. Swayambunath Stupa

Kegiatan lainnya yang bisa dikunjungi di Nepal tanpa trekking adalah berkunjung ke Swayambunath Stupa, salah satu situs agama paling tua di Nepal. Tempat ini terletak sekitar 3km dari Thamel di atas perbukitan Kathmandu Valley. Dikenal juga dengan nama Monkey Temple, karena disini banyak sekali monyet-monyet yang berkeliaran.

Swayambhunath di sore hari

Di Swayambunath, terdapat satu stupa utama yang dikelilingi stupa-stupa kecil. Di setiap sisi stupa utama terdapat gambar sepasang mata. Sepasang mata ini merupakan symbol Kebijaksanaan dan Kasih Sayang. Karena letaknya yang terletak di atas bukit, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah di pagi dan sore. Jika kalian tidak bisa menyaksikan sunrise di pagi hari, kalian bisa menikmati sunset sebagai penutup hari.

menyiapkan butter lamp

cerita main ke Swayambunath : https://www.instagram.com/p/Bw34f3TBmdC/

5. Boudanath Stupa

Masih di sekitaran Kathmandu Valley, salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat di Nepal tanpa trekking adalah Boudanath Stupa. Salah satu situs Tibetan Budha terbesar di Nepal. Sama dengan Swayambhu, di Boudanath Stupa juga terdapat satu stupa besar dengan gambar sepasang mata di ke-empat sisinya. Stupa utama setinggi 36 meter mendominasi area Boudhanath.

Boudanath

Boudanath dikelilingi oleh pertokoan yang terdiri dari berbagai macam jenis. Mulai dari souvenir, thaka painting, restaurant, dan lainnya. Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke sini. Kalian bisa berkeliling stupa sambi melihat-lihat toko-toko dan kehidupan warga di sekitar Boudanath. Kalian juga bisa menikmati sunset di sore hari atau menikmati Boudanath dan sekelilingnya dengan nuansa lampu-lampu di malam hari.

Boudanath saat hujan di sore hari

cerita tentang Boudanath : https://www.instagram.com/p/B4E_0VrlKh2/?igshid=uot4a5p3u5gp

6. Pasupatinath Temple

Sungai Bagmati yang membelah Pasupatinath Temple

Salah satu kompleks keagamaan terbesar di Asia yang didedikasikan untuk Dewa Shiva. Terletak di tepi Sungai Bagmati, tempat suci dan tempat beribadah umat Hindu. Selain menjadi tempat beribadah umat Hindu, terdapat juga beberapa kuil yang menjadi tempat ibadah umat Budha. Merupakan salah satu situs bersejarah UNESCO, Pasupatinath juga merupakan tempat pembakaran jenazah bagi umat Hindu. Di sini kita bisa melihat prosesi pembakaran jenazah dari awal hingga akhir.

iring-iringan jenazah yang akan dikremasi
proses pembakaran jenazah

Nah, ini enam tempat yang bisa dikunjungi untuk kegiatan di Nepal tanpa trekking. Untuk tempat-tempat lainnya silahkan cek di Liburan ke Nepal-Part 2

Mau tahu cerita lainnya seputaran Nepal? Mampir yah ke πŸ‘‰Β Cerita Soal NepalΒ πŸ‘ˆ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *