Liburan ke Nepal, Kemana Aja di Kathmandu Valley?

posted in: Nepal | 0

Apalagi sih hal-hal yang bisa dilakukan di kalau liburan ke Nepal?

Nah, di Liburan ke Nepal Part-1 sudah ada 6 tempat yang bisa dikunjungi. Sekarang lanjut ke tempat-tempat lainnya yang bisa dikunjungi di Kathmandu Valley & sekitarnya saat kamu liburan ke Nepal.

7. Chandragiri

Kalau liburan ke Nepal, kamu harus mencoba naik cable car di Chandragiri. Merupakan suatu kawasan wisata masih dekat dengan Kathmandu. Berjarak sekitar 10km dari Kirtipur (dari Kathmandu sekitar 14km). Untuk tiba di atas, travelers perlu menaiki cable car dari Chandragiri Hill Station. Diperlukan waktu sekitar 15menit untuk sampai di puncak yang berada di ketinggian 2.551 mpdl. Selama perjalanan kita akan bisa melihat pemandangan Kathmandu Valley (jika cuaca cerah πŸ˜†).

ke sini pas lagi berkabut πŸ˜…

Di atas terdapat Bhaleswor Mahadev Temple, yang merupakan tempat ibadah umat Hindu. Selain itu juga terdapat beberapa tempat makan, jadi jangan khawatir jika travelers merasa lapar di sini. Jika cuaca cerah, travelers bisa melihat gugusan pegunungan Himalaya di kejauhan. Karena berada di ketinggian, cuaca di atas cukup dingin dan sewaktu-waktu bisa turun hujan ringan. Sangat disarankan membawa jaket dan payung untuk jaga-jaga jika turun hujan.

Liburan ke Nepal: Bhaleswor Mahadev Temple
Liburan ke Nepal: Bhaleswor Mahadev Temple

8. Bhaktapur Durbar Square

Berkunjunglah ke salah satu Durbar Square lainnya dari tiga Durbar Square di Kathmandu Valley untuk eksplor saat liburan ke Nepal. Berada di kota Bhaktapur, sekitar 13km dari Kathmandu. Juga merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site. Bhaktapur Durbar Square terbagi menjadi empat bagian: Durbar Square, Taumadhi Square, Dattatreya Square, dan Pottery Square. Di Bhaktapur Durbar Square, terdapat beberapa tempat utama seperti Nyatapola Temple, Bhairava Nath Temple, Vatsala Temple, Nge Nyapa Jhya Laaykoo (55 window palace), dan lainnya.

Salah satu sudut di Bhaktapur Durbar Square

Sama dengan hampir semua bangunan bersejarah di Nepal, Bhaktapur Durbar Square juga terkena dampak dari gempa besar yang melanda Nepal pada 2015 lalu. Sampai sekarang, masih banyak  terlihat pekerjaan restorasi dan rekonstruksi di area ini.

9. Patan Durbar Square

Durbar Square terakhir yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Nepal. Berada di Kathmandu Valley, terletak di Lalitpur (Patan). Berjarak sekitar 7km dari Thamel dan memerlukan waktu sekitar 20-30 menit. Patan bisa ditempuh dengan kendaraan umum dan juga taksi. Untuk tarif masuknya sebesar Rps 1000 atau Rp. 128.000.

menikmati sore hari di Patan Durbar Square

10. Golden Temple (Hiranya Varna Mahavihar)

pintu masuk Golden Temple

Golden Temple letaknya tidak jauh dari Patan. Kalau pas ke Patan, jangan lewatkan untuk mampir ke sini juga. Dengan biaya masuk sekitar Npr 50 (IDR 10.000).

11. Nagarkot

cloudy sunrise @ Nagarkot

Nagarkot ini seperti wilayah Puncak atau Lembang kalau di Indonesia. Lokasinya berada di ketinggian dan untuk kesini kita harus lewatin jalan belok-belok dengan bukit di satu sisi dan lembah di sisi lainnya. Bedanya ama jalur Puncak dan Lembang, ke Nagarkot ini rutenya serasa off road karena jalanannya ‘ga mulus macam muka artis-artis drakor πŸ˜…. Biasanya sih kegiatan yang bisa dilakukan di sini trekking untuk menikmati sunrise atau sunset. Kalau tidak mau trekking, pilihlah hotel yang lokasinya menawarkan β€˜sunrise view’.

menikmati cuaca berkabut di Nagarkot πŸ™Š

Nah itu tadi beberapa tempat yang bisa dieksplore sekitaran Kathmandu Valley kalau kamu liburan ke Nepal. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat lain yang bisa dikunjungi di Nepal. Di Kathmandu Valley sendiri masih ada Patan Museum, Budhist Stupa Circle dan lainnya.

Untuk di luar Kathmandu Valley ada beberapa pilihan kota tujuan seperti Pokhara, Lumbini, Janakpur, Rara Lake, Chitwan National Park, dan sebagainya. Tidak heran banyak turis mancanegara yang berkunjung ke Nepal biasanya merasa ingin kembali karena Nepal begitu kaya akan budaya. Juga dengan keramahan dan kehangatan masyarakat setempat dan tempat-tempat eksotis dan menakjubkan lainnya di seluruh Nepal.

Tentu saja, saya pun demikian, sudah ingin kembali dan mengunjungi tempat-tempat lain yang belum sempat didatangi. Semoga saya bisa kembali ke negara ini dan explore beberapa kota lebih banyak. Aminkan yaaahhh πŸ˜‡

Untuk cerita lainnya tentang Nepal, silahkan mampir2 ke : πŸ‘‰ Cerita Soal Nepal πŸ‘ˆ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *